Assalamu’alaikum
Dengan deskripsi ini, obyek pada dunia nyata dapat secara mudah asumsikan sebagai obyek perangkat lunak menggunakan atribut sebagai data dan tingkah laku seba
gai methodDengan deskripsi ini, obyek pada dunia nyata dapat secara mudah asumsikan sebagai obyek perangkat lunak menggunakan atribut sebagai data dan tingkah laku seba
Perbedaan Class dan Object
Class adalah
struktur dasar dari pemrograman berorientasi objek yang mendefinisikan variable
dan method-method pada seluruh objek tertentu. Class juga mendefinisikan tipe
data baru untuk menciptakan model dari objek yang dibuat sesuai dengan tipe
data baru tersebut. Dengan kata lain class menciptakan instant dari objek.
class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties,
behaviour dan relasi ke object lain.
Objek adalah instance dari class. Objek merupakan perangkat lunak yang berisi sekumpulan variable dan method-method terkait. Objek merupakan entitas yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik.
Instantiate adalah proses pembentukkan objek dari suatu class.
Instance Variable adalah variable yang ada di dalam class tetapi berada di luar method. Instance variable ini merupakan attribute dari suatu class dan mempunyai default value yang tidak perlu diinisialisasi.
Instance Method merupakan method yang hanya tersedia apabila instance dari suatu class dibuat.
Class Variable (Static Member Variables) adalah variable yang dimiliki oleh class yang dapat memiliki nilai yang sama untuk semua objek pada class yang sama dan dapat diakses oleh semua instance dari class.
Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Konstruktor merupakan suatu method yang memiliki nama yang sama dengan nama classnya.
Objek adalah instance dari class. Objek merupakan perangkat lunak yang berisi sekumpulan variable dan method-method terkait. Objek merupakan entitas yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik.
Instantiate adalah proses pembentukkan objek dari suatu class.
Instance Variable adalah variable yang ada di dalam class tetapi berada di luar method. Instance variable ini merupakan attribute dari suatu class dan mempunyai default value yang tidak perlu diinisialisasi.
Instance Method merupakan method yang hanya tersedia apabila instance dari suatu class dibuat.
Class Variable (Static Member Variables) adalah variable yang dimiliki oleh class yang dapat memiliki nilai yang sama untuk semua objek pada class yang sama dan dapat diakses oleh semua instance dari class.
Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Konstruktor merupakan suatu method yang memiliki nama yang sama dengan nama classnya.
Method Static adalah method yang dapat dipakai tanpa
harus menginisialisasi suatu class (maksudnya tanpa menggunakan variabel
terlebih dahulu). Method static hanya dimiliki oleh class dan tidak dapat
digunakan oleh instance (atau objek) dari suatu class. Method static dibedakan
dari method yang dapat instance di dalam suatu class oleh kata kunci static.
Sebuah method adalah bagian-bagian kode yang dapat
dipanggil oleh program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi
yang spesifik.
Berikut adalah karakteristik dari method :
1. dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama
sekali
2. dapat diterima beberapa parameter yang dibutuhkan
atau tidak ada
parameter
sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari
fungsi
3. setelah method telah selesai dieksekusi, dia akan
kembali pada method
yang
memanggilnya.
Untuk memanggil method static, ketik :
Classname.staticMethodName(params);
Contoh dari static method yang digunakan :
//mencetak data pada layar
System.out.println(“Hello
world”);
//convert string menjadi integer
int i = Integer.parseInt(“10”);
String hexEquivalent = Integer.toHexString( 10
);
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek:
•
Enkapsulasi ialahMekanisme menyembunyikan suatu proses
dan data dalam sistem untuk menghindari interferensi, dan menyederhanakan
penggunaan proses itu sendiri (rsw)
•
Inheritance (Pewarisan) ialah Suatu class dapat mewariskan
atribut dan method kepada class lain
(subclass), serta membentuk class hierarchy
•
Polymorfisme ialahKemampuan untuk memperlakukan object
yang memiliki perilaku (bentuk) yang berbeda
Tidak ada komentar:
Posting Komentar