Kamis, 06 Desember 2012

Pengenalan PBO pada Java



Assalamu’alaikum
Dengan deskripsi ini, obyek pada dunia nyata dapat secara mudah asumsikan sebagai obyek perangkat lunak menggunakan atribut sebagai data dan tingkah laku seba
gai method
Perbedaan Class dan Object
Class adalah struktur dasar dari pemrograman berorientasi objek yang mendefinisikan variable dan method-method pada seluruh objek tertentu. Class juga mendefinisikan tipe data baru untuk menciptakan model dari objek yang dibuat sesuai dengan tipe data baru tersebut. Dengan kata lain class menciptakan instant dari objek. class juga merupakan grup suatu object dengan kemiripan attributes/properties, behaviour dan relasi ke object lain.

Objek adalah instance dari class. Objek merupakan perangkat lunak yang berisi sekumpulan variable dan method-method terkait. Objek merupakan entitas yang memiliki keadaan, behaviour dan identitas yang tugasnya dirumuskan dalam suatu lingkup masalah dengan baik.

Instantiate adalah proses pembentukkan objek dari suatu class.

Instance Variable adalah variable yang ada di dalam class tetapi berada di luar method. Instance variable ini merupakan attribute dari suatu class dan mempunyai default value yang tidak perlu diinisialisasi.

Instance Method merupakan method yang hanya tersedia apabila instance dari suatu class dibuat.

Class Variable (Static Member Variables) adalah variable yang dimiliki oleh class yang dapat memiliki nilai yang sama untuk semua objek pada class yang sama dan dapat diakses oleh semua instance dari class.

Konstruktor adalah sebuah tipe khusus dari method yang digunakan untuk membuat dan menginisialisasi sebuah object baru. Konstruktor merupakan suatu method yang memiliki nama yang sama dengan nama classnya.

Method Static adalah method yang dapat dipakai tanpa harus menginisialisasi suatu class (maksudnya tanpa menggunakan variabel terlebih dahulu). Method static hanya dimiliki oleh class dan tidak dapat digunakan oleh instance (atau objek) dari suatu class. Method static dibedakan dari method yang dapat instance di dalam suatu class oleh kata kunci static.
Sebuah method adalah bagian-bagian kode yang dapat dipanggil oleh program utama atau dari method lainnya untuk menjalankan fungsi yang spesifik.
Berikut adalah karakteristik dari method :
1. dapat mengembalikan satu nilai atau tidak sama sekali
2. dapat diterima beberapa parameter yang dibutuhkan atau tidak ada  
    parameter sama sekali. Parameter bisa juga disebut sebagai argumen dari   
    fungsi
3. setelah method telah selesai dieksekusi, dia akan kembali pada method
    yang memanggilnya.
Untuk memanggil method static, ketik :
Classname.staticMethodName(params);
Contoh dari static method yang digunakan :
//mencetak data pada layar
System.out.println(“Hello world”);
//convert string menjadi integer
int i = Integer.parseInt(“10”);
String hexEquivalent = Integer.toHexString( 10 );
Karakteristik Pemrograman Berorientasi Objek:
       Enkapsulasi ialahMekanisme menyembunyikan suatu proses dan data dalam sistem untuk menghindari interferensi, dan menyederhanakan penggunaan proses itu sendiri (rsw)
       Inheritance (Pewarisan) ialah Suatu class dapat mewariskan atribut  dan method kepada class lain (subclass), serta membentuk class hierarchy
       Polymorfisme ialahKemampuan untuk memperlakukan object yang memiliki perilaku (bentuk) yang berbeda



Tidak ada komentar:

Posting Komentar