Menggunakan BufferedReader
untuk
mendapatkan input
Pada
bagian ini, kita akan menggunakan kelas BufferedReader yang berada di java.io package untuk mendapatkan input dari keyboard.
Berikut
ini adalah langkah-langkah yang diperlukan untuk mendapatkan input dari
keyboard:
1. Tambahkan di bagian paling atas code anda:
import java.io.*;
2. Tambahkan statement ini:
BufferedReader dataIn = new
BufferedReader(new InputStreamReader( System.in) );
3. Deklarasikan variabel String temporer untuk
mendapatkan input, dan gunakan fungsi readLine() untuk mendapatkan input dari
keyboard. Anda harus mengetikkannya di dalam blok try-catch:
try{
String temp = dataIn.readLine();
}
catch( IOException e ){
System.out.println(“Error in getting input”);
}
Berikut
ini adalah source code selengkapnya:
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
String name = "";
System.out.print("Please Enter Your
Name:");
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
System.out.println("Hello " + name
+"!");
}
}
Berikutnya
akan dijelaskan setiap baris dari code:
Statement,
import java.io.BufferedReader;
import java.io.InputStreamReader;
import java.io.IOException;
menjelaskan
bahwa kita akan menggunakan kelas BufferedReader, InputStreamReader
dan IOException yang berada di java.io package. Java Application Programming Interface (API) sudah
berisi ratusan kelas yang bisa digunakan untuk program anda. Kelas-kelas
tersebut dikumpulkan ke dalam packages.
Packages
memiliki kelas yang mempunyai fungsi
yang saling berhubungan. Seperti pada contoh di atas, java.io package mengandung
kelas-kelas yang memungkinkan program untuk melakukan input dan output data.
Statement diatas juga dapat ditulis,
import java.io.*;
yang akan
mengeluarkan semua kelas yang berada pada paket, dan selanjutnya kita bisa
menggunakan kelas-kelas tersebut pada program kita.
Dua
statement selanjutnya,
public class GetInputFromKeyboard
{
public static void main( String[] args ){
kita
sudah mempelajari pada bab sebelumnya. Statement ini menyatakan bahwa kita
mendeklarasikan sebuah class bernama GetInputFromKeyboard dan kita mendeklarasikan main method.
Pada
statement,
BufferedReader dataIn = new BufferedReader(new
InputStreamReader( System.in) );
kita
mendeklarasikan sebuah variabel bernama dataIn dengan tipe kelas BufferedReader.
Jangan mengkhawatirkan tentang maksud dari syntax saat ini. Kita akan
menjelaskannya pada akhir pembahasan.
Sekarang,
kita akan mendeklarasikan variabel String dengan identifier name,
String name = "";
Statement
diatas merupakan tempat untuk menyimpan input dari user. Variabel name
diinisialisasi sebagai String kosong "". Sebaiknya kita selalu
menginisialisasi sebuah variabel setelah kita mendeklarasikannya.
Baris berikutnya adalah
memberikan output string pada layar menanyakan nama user.
System.out.print("Please Enter Your
Name:");
Sekarang,
block di bawah ini merupakan try-catch block,
try{
name = dataIn.readLine();
}catch( IOException e ){
System.out.println("Error!");
}
Pada
baris ini menjelaskan bahwa kemungkinan terjadi error pada statement
name = dataIn.readLine();
akan
ditangkap. Kita akan membahas tentang exception handling pada bab selanjutnya
dari pembahasan ini, tetapi untuk sekarang, anda cukup mencatat bahwa anda
perlu menambahkan kode ini untuk menggunakan readLine() method dari
BufferedReader untuk mendapatkan input dari user.
Selanjutnya
statement,
name = dataIn.readLine();
method
diatas memanggil dataIn.readLine(), mendapatkan input dari user dan memberikan sebuah
nilai String. Nilai ini akan disimpan ke dalam variabel name, yang akan kita gunakan pada statement akhir untuk
menyambut user,
System.out.println("Hello
" + name + "!");
JOptionPane
JOptionPane merupakan class yang digunakan sebagai standar dialog box untuk memberikan informasi kepada pengguna aplikasi. Sebenarnya JOptionPane memiliki banyak method, dan kebayakan method tersebut static method. Berikut ini 4 method dari JOptionPane yang sering digunakan.
- showConfirmDialog
- showInputDialog
- showMessageDialog
- showOptionDialog
Untuk
parameter dari 4 method tersebut mempunyai pattern yang sama. Dan setiap method
tersebut memiliki 4 – 7 varian tergantung dari jumlah parameter setiap method (
kecuali showOptionDialog yang cuma memiliki satu variant) . Berikut ini
beberapa parameter yang digunakan pada 4 method tersebut.
- parentComponent : mendefinisikan component yang menjadi parent dari dialog box. Jika diisi dengan null, maka secara default Frame akan menjadi parent component.
- message : merupakan message yang akan ditampilkan dalam dialog box. Message bisa berupa String. Tapi type sebenarnya dari parameter ini adalah Object class.
- title : merupakan title untuk dialog box
- initialValue : merupakan input value
- messageType : mendefinisikan style dari message. Jenis dari messageType sebagai berikut ERROR_MESSAGE, INFORMATION_MESSAGE, WARNING_MESSAGE, QUESTION_MESSAGE, PLAIN_MESSAGE
- optionType : mendefinisikan kumpulan button option yang muncul pada dialog box. Nilai dari parameter sebagai berikut. DEFAULT_OPTION, YES_NO_OPTION, YES_NO_CANCEL_OPTION, OK_CANCEL_OPTION ( Nilai dari variable ini dapat di-customize)
Tidak ada komentar:
Posting Komentar